Fashion Diplomacy Melalui Batik dan Tenun di Slowakia

September 27, 2019

Enam perancang Indonesia berhasil memukau publik Slowakia pada perhelatan yang digelar oleh KBRI Bratislava bekerjasama dengan Star Production dan Mercedes Benz yaitu Slovakia-Indonesia Fashion Day, 16 September 2019 di Double Tree Hilton Bratislava dan Indonesian Fashion Day, 17 September 2019 di KBRI Bratislava.

Pada kedua kesempatan tersebut, puluhan koleksi terbaru para perancang yang menggunakan bahan dasar batik dan tenun dari berbagai daerah di Indonesia ditampilkan dengan iringan applause pengunjung yang tiada henti. Rudy Chandra dengan batik parang khas pesisir Jawa, Nita Seno Adjie dengan tenun Sumba, Ariy Arka dengan Ulos khas Tapanuli, Erdan dengan batik tulis motif alam khas Aceh, Ida Giriz dengan tapis Lampung, dan Malik Moestaram yang membawakan busana motif batik Manonjaya dari Jawa Barat., Slowakia.

Kedua kegiatan ini dilaksanakan sebagai puncak dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia sekaligus untuk memperingati satu dasawarsa sejak ditetapkannya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO, pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu.

Slovakia-Indonesia Fashion Day, juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bratislava Fashion Week yang diselenggarakan pada tanggal 16 hingga 19 September 2019. Selain itu, Indonesia mendapatkankan kehormatan menjadi pembuka pada acara mode tahunan yang telah berlangsung selama 14 tahun.

Maria Rehakova, selaku penyelenggara Bratislava Fashion Week, menyampaikan bahwa rancangan para perancang Indonesia sangat memukau. Setiap perancang mampu menampilkan rancangan yang saling berbeda dengan mengangkat kekhasan dari berbagai daerah namun tetap elegan dan dapat menyesuaikan dengan selera Eropa. Keikutsertaan perancang busana dari kedua negara diharapkan dapat saling bertukar pandangan dan memunculkan ide dan karya baru.

Sementara Duta Besar RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso menyampaikan perlunya memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada publik Slowakia, tidak hanya melalui seni tari, musik dan kuliner tetapi juga melalui fashion diplomacy. Melalui fashion diplomacy diharapkan akan lebih mengenalkan Indonesia kepada publik Slowakia, tetapi juga dapat membuka terobosan baru dan kerja sama yang lebih luas. Apresiasi yang tinggi yang diberikan oleh publik Slowakia kiranya semakin menjadi tantangan bagi desainer Indonesia untuk terus semakin inovatif dalam berkarya.

Selain pagelaran busana, Indonesia juga membuka Indonesian corner dan pameran busana untuk memamerkan lebih banyak koleksi pakaian rancangan para perancang yang terlibat. Indonesian corner yang dihias dengan dekorasi khas nusantara dan pemutaran video mengenai pariwisata Indonesia ini juga dilengkapi dengan sajian kuliner dan tumpeng jajan pasar bagi para pengunjung. Perusahaan kopi Indonesia yang baru saja bekerja sama dengan perusahaan Slowakia, Gravfarm, juga turut menyajikan kopi asal Indonesia. Sedangkan, perusahaan pariwisata asal Slowakia, Bubo juga ikut serta memamerkan Indonesia dan paket-paket yang mereka miliki untuk kunjungan wisata ke Indonesia.

Kurang lebih 500 pengunjung menghadiri kegiatan yang merupakan salah satu kegiatan unggulan industri mode Slowakia ini. Tidak hanya undangan yang berasal dari kalangan pejabat tinggi Slowakia, pebisnis papan atas, dan prominent person Slowakia, sebagian pengunjung  merupakan peminat mode yang membeli tiket masuk sebesar Euro50 yang dijual oleh penyelenggara.

Indonesia juga turut menyumbangkan hadiah bagi perancang baru Slowakia, Kristína Bánovská yang menjadi pemenang dalam kompetisi yang dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan Bratislava Fashion Week. Sebanyak satu pemenang akan diikutsertakan sebagai peserta Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) yang diselenggarakan Kemlu RI untuk mempelajari seni budaya Indonesia. Selain itu, para perancang busana Indonesia yang terlibat juga mengungkapkan keinginan untuk dapat memberikan pengenalan dan pelatihan singkat mengenai busana nusantara dan wawasan bisnis pada dunia mode kepada pemenang terpilih tersebut. Adapun pemberian hadiah kepada pemenang telah dilaksanakan pada malam penutupan Bratislava Fashion Week, 19 September 2019.

Sumber: KBRI Bratislava

Read 503 times