Pemri Sepakati Enam Letter of Intent untuk Tembus Peluang Pasar Perawat di Amerika Serikat

Mei 03, 2019

Dalam kunjungan kerja ke Chicago dan Milwaukee, AS, pada 12-21 Februari 2019, Delri, yang terdiri dari wakil Kemlu c.q. Direktorat Amerika I, BNP2TKI, dan perguruan tinggi negeri dari UGM dan Universitas Brawijaya, berhasil menyepakati 6 (enam) Letter of Intent (LoI) dengan mitra kerja di AS, yaitu NCSBN (National Council of State Boards of Nursing), CGFNS (Commission on Graduates of Foreign Nursing Schools International Inc.), MSOE (Milwaukee School of Engineering), UWM (University of Wisconsin-Milwaukee), Chamberlain University, serta St. Ann Center for Intergenerational Care.

 

Penandatangan LoI tersebut diharapkan menjadi dasar bagi Pemri untuk menindaklanjuti hasil kunjungan kerja guna mengisi peluang kerja bagi perawat Indonesia di AS.

 

Dari berbagai pertemuan dengan pemangku kepentingan di AS, Delri juga memperoleh informasi berharga dan gambaran yang lebih konkrit terkait langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam rangka meningkatkan peluang pengiriman perawat Indonesia ke AS. Delri mencatat potensi kerja sama yang besar di bidang harmonisasi pendidikan perawat dan pendirian pusat uji NCLEX (National Council Licensure Examination) di Indonesia.

 

Untuk jangka pendek, LoI yang disepakati UGM dengan MSOE, UWM dan Chamberlain University diharapkan dapat segera menghasilkan kerja sama program short course di AS guna meningkatkan peluang perawat Indonesia lulus uji NCLEX sekaligus berkesempatan melakukan pemagangan di rumah sakit maupun daycare setempat.

 

Dalam jangka panjang, Pemri menargetkan pendirian pusat uji NCLEX di Indonesia. Guna mendukung upaya tersebut, Pemri berharap LoI yang disepakati dengan NCSBN dan CGFNS dapat terus dikembangkan menjadi MoU dan menjadi kerangka dasar kerja sama untuk pendirian pusat uji tersebut.

 

 

Read 833 times