Seminar Indonesia – Pacific Alliance: “Enhancing The Potential Economic Cooperation”

November 22, 2019

Direktorat Kerja Sama Intrakawasan dan Antarkawasan (KSIA) Amerika dan Eropa Kemlu RI telah  menyelenggarakan Seminar “Enhancing the Potential Economic Cooperation Indonesia – Pacific Alliancedi JHL Solitaire Hotel Gading Serpong, Tangerang pada hari Senin, 14 Oktober 2019. Kegiatan ini merupakan side event dari penyelenggaraan INA-LAC 2019.

Tujuan diselenggarakannya Seminar adalah untuk mengidentifikasi hal-hal yang dapat mengoptimalkan peran Indonesia sebagai negara Observer Aliansi Pasifik sekaligus menjaga momentum penyelenggaraan Seminar Indonesia - Aliansi Pasifik yang telah dimulai sejak tahun 2017 di Indonesia.

Seminar yang dihadiri seluruh Kepala Perwakilan / Duta Besar (Dubes) negara anggota Aliansi Pasifik, Dubes RI di Lima, Peru, para wakil K/L  terkait, para pengusaha, kalangan akademisi dan media berlangsung dengan lancar dan para peserta nampak antusias mengkuti acara hingga akhir. Usai seminar, para pengusaha Aliansi Pasifik berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Narasumber KADIN.

Dalam pidato pembukaan Seminar, Direktur KSIA Amerika dan Eropa Kemlu RI Masni Eriza menyatakan bahwa “Indonesia sebagai Observer akan terus menjaga momentum  keterlibatannya dalam Aliansi Pasifik secara aktif. Seminar ini diharapkan dapat menjadi forum untuk memperdalam pengetahuan masing-masing pihak tentang Indonesia dan Aliansi Pasifik sehingga jarak geografis antara Indonesia dan negara-negara Aliansi Pasifik bukan lagi dinilai sebagai  kendala hubungan persahabatan dan kerjasama".

Diskusi panel diisi dengan paparan para nara sumber yang terdiri  4 (empat) Duta Besar negara-negara Aliansi Pasifik di Jakarta, Direktur Perundingan Bilateral Kemdag RI dan Kepala Komite Tetap Wilayah Amerika KADIN. Bertindak sebagai moderator adalah Duta Besar Jonny Sinaga. Dalam diskusi mengemuka bahwa Aliansi Pasifik memiliki potensi besar sebagai mitra kerjasama diperkuat dengan fakta statistik kekuatan pasar, jumlah penduduk, angka investasi, GDP Per Kapita dan volume perdagangan dengan dunia. Disamping itu Aliansi Pasifik juga telah meraih capaian-capaian dalam menciptakan keterbukaan arus barang, jasa, modal dan manusia dan membuka diri dengan negara-negara di dunia untuk menjalin kerja sama.

Dalam diskusi panel, Narasumber KADIN mengajak negara-negara Aliansi Pasifik untuk berinvestasi di Indonesia, dimana iklim investasi Indonesia semakin baik dengan kepastian hukum dan potensi pasar Indonesia yang amat besar. Selain itu, terdapat himbauan agar terus diidentifikasi produk-produk yang diperdagangkan antara Indonesia dan Aliansi Pasifik yang bersifat komplementer, sehingga kerja sama perdagangan Indonesia – Aliansi Pasifik dapat terus diperluas dengan selalu teridentifikasinya produk-produk yang diperlukan masing-masing pihak.

Read 716 times